Bedah Lirik #3 - Imagine - John Lennon

IMAGINE
JOHN LENNON


Imagine there's no Heaven 
It's easy if you try 
No hell below us 
Above us only sky 
Imagine all the people 
Living for today 

Bayangkan tak ada surga
Mudah jika anda mencoba
(dan) Tak ada neraka dibawah kita
Diatas kita hanya ada langit
Bayangkan semua orang
Hidup hari ini

Imagine there's no countries 
It isn't hard to do 
Nothing to kill or die for 
And no religion too 
Imagine all the people 
Living life in peace 

Bayangkan tak ada negara
Tak sulit jika dilakukan
Tak ada yang membunuh atau terbunuh
Bayangkan semua orang
Hidup dalam kedamaian

You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one 
I hope someday you'll join us 
And the world will be live as one 


Anda bisa katakan saya  pemimpi
Namun, saya tak sendiri
Saya harap suatu hari anda akan bergabung dengan kami
Dan dunia akan menjadi satu

Imagine no possessions 
I wonder if you can
No need for greed or hunger 
A brotherhood of man 
Imagine all the people 
Sharing all the world 

Bayangkan tak ada harta
Saya bertanya jika anda mampu
Tak perlu ada keserakahan dan kelaparan
(hanya) sebuah persaudaraan semua manusia
Berbagi semua (isi) dunia


You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will live as one


Anda bisa katakan saya pemimpi
Tapi saya tak sendiri
Saya harap suatu hari anda akan bergabung dengan kami
Dan dunia akan menjadi satu

=============================




Sedikit Tentang John Lennon
John Lennon, bukan sekedar penyanyi dan pencipta lagu, tapi juga seorang yang punya visi politik yang tajam. Bahkan ia tergolong anti agama dan anti negara. Saat bersama The Beatles, boleh jadi ia menjadi artis dan band terpopuler di zamannya. Penyanyi kelahiran Liverpool Inggris tahun 1940, sempat melewatkan masa kecilnya dipenghujung Perang Dunia II. Tumbuh besar di era perang dingin blok barat dan blok timur. Berikut campur tangan kedua blok tersebut pada perang didunia ketiga macam Korea.
John Lennon, merilis lagu Imagine tahun 1971 setelah keluar dari The Beatles. Lagu ini kemudian menjadi salah satu lagu kebesaran gerakan anti agama dan anti perang. Hal ini tidak terlepas dari tertuangnya visi politik John Lennon pada lagu ini. John Lennon meninggal ditembak fansnya (aneh kan?) tahun 1980, namun karyanya terutama IMAGINE tetap abadi bagi penikmat karyanya hingga hari ini.
Lagu ini bergenre pop, dengan instrumen minimalis. Kord patah-patah dari piano latar bersama gebukan drum sederhana. Selanjutnya, mari kita bedah liriknya

Bedah Lirik - Imagine

Bagian pertama, John Lennon (JL) mengajak kita untuk membayangkan jika seandainya tak ada surga dan neraka. Yang ada hanya manusia yang bertebaran dibumi dibawah langit. Jelas sekali sikap JL yang menentang istilah Heaven & Hell yang konsekwensinya juga menentang ajaran agama.

Bagian kedua, JL mengalihkan perhatian pendengarnya ke negara dan politik. Kemudian mempertegas kata Heaven & Hell dengan kata No relegion too. Mengikuti alur berpikir JL, jika tak ada negara dan agama, maka tak ada lagi orang yang membunuh dan terbunuh. Tentu negara dan agama tidak menganjurkan pembunuhan atas manusia, namun JL mempersepsikan bahwa alasan perang sehingga banyak orang terbunuh adalah pertikaian politik antar negara dan perselisihan antar umat beragama. Sehingga wajar, JL mengajak pendengarnya agar menghilangkan "countries & religion" dibenak mereka. Dengan demikian, manusia dapat hidup dalam damai

Bagian ketiga, chorus. JL memahami gagasannya terlalu revolusioner untuk diterima pendengarnya. Sehingga ia menulis lirik You may say i'm dreamer. Silakan mengatakan saya adalah pemimpi !!! Namun JL berusaha menyakinkan pendengarnya, bahwa banyak orang yang "bermimpi" (maksudnya tanpa negara dan tanpa agama) sepertinya. Lalu menutup dengan ajakan agar pendengarnya menyetujui gagasannya dan bergabung dengan dirinya.

Bagian keempat, JL mengalihkan perhatian pendengarnya dari negara dan agama, ke persoalan harta. JL menambahkan variabel ketiga sebagai penyebab pertengkaran manusia. Sehingga melengkapi variabel sebelumnya (negara-->politik) dan (agama) dengan (harta-->ekonomi). Pada bagian ini, JL mengajak untuk tidak membayangkan harta, agar tidak ada lagi orang yang menimbun harta (keserakahan) yang secara tersirat mengkritik kapitalisme. Dan juga agar tak ada lagi kelaparan, akibat tidak meratanya distribusi kekayaan alam. JL mencoba menawarkan konsep persaudaraan manusia (Brotherhood) dimana bumi (dan kekayaan alamnya) adalah milik bersama, tidak ada yang mengakumulasi dan tak ada yang termarginalkan. Gagasan ini sedikit berbau "Komunal modern ala Marxian" meski berseberangan dengan gagasan ala Lenin yang mengusulkan negara sosialisme. Mungkin gagasan-gagasan JL terlalu berbahaya untuk dibiarkan, sehingga boleh jadi disewa pembunuh bayaran (yang konon fans gilanya) untuk mengakhiri hidupnya.

Kesimpulan
Lirik lagu ini mengandung beberapa poin
1. Negara / Politik sebagai sumber pertikaian manusia sehingga perlu masyarakat dunia tanpa sekat negara untuk menciptakan perdamaian dunia
2. Perbedaan pendapat tentang Agama, sejak zaman dulu telah mencatat banyaknya darah anak manusia yang tumpah. Sehingga demi perdamaian dunia, agama mesti dihilangkan
3. Keserakahan manusia pada harta dan kekayaan alam menyebabkan sebagian manusia lain kekurangan, tepatnya kelaparan. Sehingga manusia harus disatukan dalam ikatan persaudaraan dimana dunia adalah milik bersama.
4. John Lennon menyadari gagasannya terlalu radikal, sehingga menyebut kemungkinan tuduhan "dreamer" tersemat padanya. Namun John Lennon mencoba membangun penguatan bahwa ia tidak sendiri, dan mengajak pendengarnya untuk mengikuti gagasannya, meski akhirnya fansnya sendiri yang mengakhiri hidupnya.

Terlepas dari semua itu, kembali pada pendengarnya bagaimana mengapresiasi dan memahami gagasan John Lennon. (arm)

1 komentar so far

JL lupa kalau tanpa negara dan agama, pertikaian tetap ada


EmoticonEmoticon