Rute Bulu Dua

Tags

Rute Bulu Dua menjadi pilihan saya untuk perjalanan ke-10 bersama Yamaha New Vixion menuju Makassar. Dari Sengkang ke Makassar, ada tiga rute. Bisa lewat Camba, Pare-Pare dan Bulu Dua. Biasanya, rute Camba yang lebih ramai sebab jalannya cenderung lebih mulus. Akan tetapi rute Camba yang dilewati 4 kabupaten (Bone, Wajo, Soppeng, dan Sinjai) sering macet.

Rute Bulu Dua menjadi jalur alternatif. Dari persimpangan di kelurahan TettikengRarae menuju Bulu Dua, perbatasan Soppeng-Barru sekitar 26 km. Karakter tikungannya mirip Camba namun tidak lebih banyak jalan lurusnya. Akan tetapi, sesekali diselingi tikungan patah sehingga tidak dapat dianggap enteng bagi pengendara. Kondisi jalan umumnya beraspal mulus meski sesekali masih ada perbaikan jalan. 
Perbatasan Barru-Soppeng di Rute Bulu Dua

Sepanjang perjalanan terus mendaki hingga sampai dipuncak perbatasan Soppeng-Barru. Hawa sejuk khas pengunungan yang sesekali berkabut memberikan sensasi tersendiri. Kabut biasanya beriringan dengan hujan, sehingga pengendara mesti hati hati dengan jalan yang licin dan jarak pandang yang terbatas.
Jalan beton dari perbatasan Soppeng-Barru menuju Ralla
Memasuki wilayah kabupaten Barru, kondisi jalan beraspal atau dilapisi beton. Jalan tidak lagi menanjak, terus menurun hingga di persimpangan PekkaE. Adapun karakter tikungannya mulai berbahaya, sebab tikungan tajam mendominasi hingga ke Ralla. Di Ralla, kita dapat menyaksikan kompleks makam raja-raja tanete yang berciri megalitik.

Semakin mendekati PekkaE, tikungan semakin sedikit namun berbahaya. Sebab pengendara yang termanja dengan jalan lurus panjang, bisa dikagetkan dengan adanya tikungan patah yang menyela. Di PekkaE, tembus dengan jalan trans Sulawesi.

Antara PekkaE dan Ralla
Rute Bulu Dua tetap menjadi jalur alternatif bagi pengendara yang ingin menikmati hawa sejuk pengunungan dan menghindari kemacetan. Keep Safety Riding Bro


EmoticonEmoticon