Teknik Membeli Peralatan Pancing

Tags

Jika kita ingin membeli peralatan pancing, ada baiknya tentukan dulu jenisnya. Misalnya apakah pancing air asin (salty water) atau air tawar (fresh water). Air laut sangat mudah membuat logam berkarat. Sehingga reel untuk salty water itu dirancang khusus. Beda dengan reel fresh water. Demikian pula jorannya. Selain pertimbangan kondisi air, tarikan ikan laut juga sangat kuat. Dengan teknik mancing dasar, terkadang joran yang lemah sudah bengkok meski hanya menanggung beban pemberat dan umpan saja (pemberat ideal 9 J keatas).

Sementara untuk fresh water, hanya lokasi sungai saja yang membutuhkan joran dan reel yang agak kuat. Hal ini perlunya pemberat yang lebih (sekitar 3-5 J) untuk menahan umpan tetap ditempatnya jika menggunakan teknik mancing dasaran. Pemberat 3-5 J dibutuhkan joran yang serasi agar sensasi ikan bisa terasa tapi disisi lain cukup kuat untuk menarik ikan dan pemberatnya.


Reel untuk laut hingga kedalaman 200 meter
Misalnya kita ingin membeli peralatan pancing untuk rawa, empang atau kolam. Teknik yang digunakan adalah menggunakan pelampung. Sebaiknya mencari reel terkecil, senar cukup 3-14 kg (6-28 Lbs). Joran panjang 150-180 cm. Apabila senarnya terlalu kuat, sensasinya kurang terasa dan senar susah diikat di mata pancing. Demikian pula joran yang terlalu besar dan kuat, sensasi tarikan ikannya tak terasa.

Apabila kita ingin memancing ikan hingga kedalaman 200 meter di laut, senar berkekuatan 40 kg (sekitar 80 Lbs) itu sudah cukup untuk menundukkan perlawanan ikan. Kecuali jika ketemu ikan pari, lain cerita. Senar yang terlalu kuat, menyulitkan pemancing apabila mata pancing atau pemberat tersangkut di karang (pancing dasaran).

Pancing untuk rawa, kolam dan empang

Toko pancing menyediakan banyak pilihan. Bila tidak memantapkan pilihan, maka calon pembeli akan bingung dan ragu. Bila demikian, pancing tersebut kurang maksimal digunakan sebab dibeli saat penuh keraguan, ikan pun nanti ragu untuk terpancing :)

Begitu sampai di toko pancing, cari peralatan yang sesuai spek yang dibutuhkan. Kemudian cari yang membuat kita "Jatuh cinta pada pandangan pertama". Jangan ragu, milikilah peralatan tersebut. Setelah kita membelinya, baru lihat-lihat peralatan pancing lainnya.

Adapun untuk mata pancing, cara untuk memilih mata pancing yang bagus adalah seperti gambar dibawah ini. Jumputlah mata pancing yang ada, dan pilihlah mata pancing yang tersangkut paling bawah. Ini adalah tanda bahwa mata pancing tersebut sudah tidak sabar mengkait mulut ikan :)


Silakan baca juga :
7 Falsafah Mancing
Mancing Adalah Meditasi
Pada Lao Teppada Upe dan Rumus Rezeki
Tips Memaksimalkan Mancing Di Laut

2 komentar

good info...boleh dijadikan bahan rujukan lorh
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
FOREX & CFD ; MENAWARKAN PROFIT 5% - 7% SETIAP MINGGU SELAMA 24 MINGGU Dijamin Selamat
https://wadiahtrading.com//index.php?refer=myr50trading


EmoticonEmoticon