Pameran Pusaka LPPB Lamakkawa

Tags

Dalam rangka menyambut hari jadi Bone ke-684, Lembaga Penggemar Parewa Bessi (LPPB) LaMakkawa mengadakan pameran dan pagelaran seni. Kegiatan ini dilaksanakan di Bola Soba, Watampone. Turut hadir Bapak Bupati Bone, Kapolres Bone, SKPD, pengurus LPPB serta undangan dan masyarakat umum.

Pembukaan acara pada hari jumat tanggal 4 April 2014 selepas Isya. Pagelaran seni dari berbagai sanggar mengisi acara ini. Bissu Bone tidak ketinggalan memeriahkan kegiatan ini dengan menampilkan atraksi tidak mempan bakar diri. Dilanjutkan dengan ritual Maggiri.

Bissu Bone memperagakan ritual Maggiri
A. Ardiman selaku ketua panitia memberikan kata sambutan, disusul ketua LPPB Lamakkawa, A.Promal Pawi. Selanjutnya bapak Bupati Bone, A.Baso Fashar turut memberikan kata sambutan dan kemudian membuka acara secara resmi.

Satu hal yang menarik adalah komunikasi yang baik antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dengan LPPB Lamakkawa. Dalam sambutannya Ketua LPPB Lamakkawa menyampaikan keprihatinannya terhadap budaya Bone dan parewa bessi sebagai bukti historis kejayaan Bone. Serta beberapa harapan sehubungan dengan upaya pelestarian nilai sejarah dan budaya Bone. Sedang, bapak Bupati Bone sangat mengapresiasi kegiatan pameran parewa bessi dan pagelaran seni yang diadakan LPPB sebagai wujud pelestarian budaya.

sebagian koleksi yang dipamerkan
Pameran ini terbuka untuk umum dan berlangsung hingga tanggal 6 April 2014. Kita berharap, semoga kegiatan seperti ini bisa terus dikembangkan dan menjadi contoh bagi daerah lain. Dengan harapan bahwa, semangat pelestarian budaya dan penanaman nilai-nilai lokal bisa menjadi modal sosial bangsa kedepan.


EmoticonEmoticon