Perjalanan James Brooke ke Sulawesi Selatan 1840 (Bagian I)

Tags

(Bagian I)
Pertemuan dengan Petta PonggawaE dan Datu Lompulle

James Brooke adalah petualang Inggris. Meninggalkan Inggris di November 1838 beserta 19 kru lainnya. Berlayar menuju Rio de Janiero Brasil dan melanjutkan ke India dan Singapura. Di Singapura, berangkat ke Kalimantan khususnya Sarawak kemudian kembali lagi ke Singapura.

Tahun baru, 1 Januari 1840 James Brooke kemudian berlayar ke Sulawesi. Dalam catatannya, (sebagaimana para pelaut) ia menyebut puncak bantaeng (bonthain hill) atau lompobattang sebagai titik selatan Sulawesi. Ia kemudian disambut oleh aparat Belanda. Daeng Matara (dain matarah), menjadi guide James Brooke sepanjang perjalanannya. Dari Bantaeng, James Brooke melanjutkan perjalanannya ke Bulukumba.

Dari Bulukumba, James Brooke berlayar menyisir teluk Bone hingga ke berlabuh di BajoE, dengan harapan agar bisa bertemu dengan Arumpone. James Brooke melalui penerjemahnya Mr. Poon mengirim surat dan diterima Tomarilaleng (Perdana Menteri). Keduanya berkorespondensi. James Brooke ~sambil menunggu kesempatan audiens dengan Raja Bone~ mempelajari sistem pemerintahan Kerajaan Bone yang disebutnya kerajaan terkuat di Sulawesi.

Pelayaran James Brooke dilanjutkan ke Tanjung Palette. Ia bertemu dengan sekelompok orang Bajo. Didepan Sungai Cenrana, Daeng Matara dikirim untuk mengumpulkan informasi Wajo dan kembali.James Brooke bersiap untuk bertemu dengan Petta PonggawaE (rajah pengawa)

Sekitar 50-60an perahu berbagai ukuran mengiringi Petta PonggawaE. Pertemuan dengan James Brooke dimulai dengan saling memuji oleh keduanya. James Brooke menjelaskan posisinya sebagai petualang yang tak terikat dengan satu pemerintahan apapun. Dan terjadilah dialog yang mengesankan bagi James Brooke

PP (Petta PonggawaE) : Apa yang menyenangkan anda sehingga datang dari jauh ?
JB (James Brooke) : Sulit bagi anda memahami betapa banyak orang Inggris yang suka mengunjugi berbagai negeri. Mereka semua adalah petualang. Termasuk saya. Senang untuk mengunjungi luar negeri
PP : Apakah anda menerima bayaran ?
JB : Tidak
PP : Apakah anda berdagang
JB : Tidak
PP : Ketika anda di Inggris, apakah anda berdagang ?
JB : Tidak
PP : Bagaimana cara anda hidup ?
JB : Saya mengikuti keberuntungaku
PP : Maka anda harus punya relasi dengan ratu ?
JB : Saya tidak memiliki kehormatan tersebut
PP : Mana yang lebih kuat, Inggris atau Belanda ?
JB : Tentu "Inggris"
PP : Apakah mereka (Inggris dan Belanda) bersahabat ?
JB : Ya
PP : Apakah Rusia adalah negara yang sangat kuat ?
JB : Ya
PP : Apakah sekuat Inggris ?
JB : Rusia sangat kuat, tapi dalam pendapat saya, Inggris dan Prancis adalah yang terkuat
PP : Apa yang terjadi pada (Napoleon) Bonaparte setelah Inggris memenjarakannya
JB : Ia meninggal di St. Helena
PP : Bagaimana Inggris menyerahkan Jawa dan negeri negeri lain kembali pada Belanda setelah menguasainya ?
JB : Inggris mengambil negara negara tersebut dari Prancis (Prancis mengalahkan Belanda saat perang Bonaparte) dan setelah perang usai, Inggris menyerahkan kembali pada Belanda.
PP : Apakah Belanda membayar upeti kepada mereka ?
JB : Tidak

James Brooke menggambarkan Petta PonggawaE sebagai orang yang berusia sekitar 45 tahun, berkulit gelap dan bertubuh agak pendek, berwajah ekspresif, Petta PonggawaE ditemani oleh Daeng Palawa (dain palawa) yang lebih muda dan berwajah tampan. Ia menggambarkan iring-iringan yang berjumlah sekitar 600 orang itu dengan perahu yang bervariasi dan dilengkapi busur panah.

Setelah pertemuan itu, tiba utusan yang membawa surat dari La Patongai. La Patongai menjelaskan bahwa ia tidak dapat hadir secara langsung berhubung ibundanya (We Muddariyah Ranreng Talotenreng) sedang sakit parah. Tanggal 21 Januari 1840, James Brooke mengirim utusan untuk membalas surat tersebut. Balasan dari La Patongai (Lappa Tongi) bahwa ibundanya telah meninggal dunia. Ia meminta James Brooke agar menuju Peneki, Beberapa hari kemudian, setelah lepas jangkar di Manruluwatu, James Brooke menuju Batu Manu (Batu Mano = perbatasan) menuju Tanjong Setange dan menurunkan jangkarnya di Pantai Peneki.

Seminggu kemudian, terjadi pertemuan pertama La Patongai dengan James Brooke di Doping. Lapatongai diiringi pengikutnya dan dua raja lainnya. Ia menggambarkan La Patongai sebagai orang yang berusia 45 atau 48 tahun yang berwajah melankolis dan tenang. Mengenakan baju beludru dengan hiasan bunga emas. Baju jas tutup hingga tenggorokan. Tiap lengannya dihiasi emas yang melingkar. Bercelana dibawah lutut diatas mata kaki yang agak longgar dari bahan yang sama. Celana yang dihiasi sekitar 6-8 real emas. Mengenakan sarung dibordir emas biru melilit dipinggangnya yang terselip keris emas berhias permata. Tutup kepala dari emas berukir

(bersambung)


EmoticonEmoticon