YAMAHA New V-IXION 2013

Tags

Perseteruan abadi Yamaha dan Honda bukan hanya di arena balap. Namun tentunya pada produksi mereka masing-masing. Untuk motor type Naked kelas 150 cc, Yamaha menjawab perseteruan itu dengan meluncurkan Yamaha New V-ixion awal tahun ini.

Dibekali dengan mesin 149,9 cc dengan daya maksimum 16,5 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 7.500 rpm, versi terbaru Vixion ini mampu memanjakan pengendaranya melalui tarikan akselerasinya yang mantap. Meski demikian, sistem fuel injectionnya membuat komsumsi BBM mesin 4 tak ini menjadi tetap irit. Dengan sistem transmisi 5 kecepatan (1-N-2-3-4-5) dan kopling manual basah multiplat, menjadikan perpindahan gigi lebih halus dan ringan.

Dengan pendingin liquid cooled, menjamin mesin tetap bekerja optimal pada perjalanan jauh.
Berbodi kekar, berat 129 kg dan tinggi tempat duduk 79 cm serta kapasitas tangki 12 liter ini, memberi kesan jantan dan tangguh. Apalagi dengan dukungan rem cakram piston tunggal didepan dan rem cakram piston ganda dibelakang. Dengan ukuran ban depan 90/80 dan ban belakang 120/70 membuat New V-ixion ini lebih stabil dikendarai pada kecepatan tinggi. Yamaha membekali New V-ixion ini dengan suspensi teleskopik didepan dan suspensi monocross dibelakang untuk memberi kenyamanan berkendara baik dijalan mulus maupun jalan berlubang.

Yang menarik dari N-Vix ini adalah letak kunci kontaknya yang berada di tangki motor, bukan di stang. Saat dinyalakan, muncul tulisan "HI BRO" dipanel digitalnya. Di stang kanan,terdapat tombol engine stop berwarna merah, serta stater electricnya. Sedang disebelah kiri terdapat tombol lampu jauh-dekat, weser, dan klakson.

Rangka deltabox, masih mengikuti pendahulunya, memberi stabilitas motor yang mantap. Saat diuji oleh penulis,N-Vix ini memberi akselerasi yang memuaskan pada kecepatan 40-90km/jam sehingga memudahkan pengendara dalam menyalip kendaraan lain. Namun setelah mencapai 100km/jam, akselerasinya melambat. Dan setelah dipaksa berlari dengan tenaga maksimumnya hanya mampu mencapai 120-125km/jam.

New V-ixion ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu dengan dan tanpa kick starter. Sedang pilihan warnanya ada empat, antara lain black solid, white-reddish lighting, ultra brave spirit (merah hitam) dan radiance titanium gold. Dengan harga sekitar 23an juta, New V-ixion ini cocok bagi mereka yang suka motor jantan untuk perjalanan jauh dengan tarikan mantap serta komsumsi BBM yang irit. Tertarik ?

Baca juga :
Telusur Kaki Latimojong
Thunder, Inovasi Telah Terhenti ?

2 komentar

Bagus jadi editorial di koran fajar ini, rubrik otomotif. :D


EmoticonEmoticon