Bedah Lirik #2 - When The Children Cry - White Lion

When The Children Cry
(White Lion)

Little child, dry your cryin’ eyes
How can I explain, the fear you feel inside?
‘Cause you were born, into this evil world
Where man is killin’ man, but no one knows just why
Anak kecil, kering air matamu
Bagaimana aku menjelaskan, ketakutan yang kau rasakan
Karena kau lahir, didunia setan ini
Dimana lelaki membunuh lelaki, tapi tak seorang pun tahu mengapa

What have we become ?
Just look what we have done
All that we destroyed,
you must build again.
Kita akan menjadi apa?
Lihatlah apa yang telah kita lakukan
Semua itu kita hancurkan
Kau harus bangun lagi

[Chorus]
When the children cry
let them know we tried
‘Cause when the the children sing
then the new world begins.
 Ketika anak-anak menangis
Biar mereka tahu kita mencoba
Karena ketika anak-anak menyanyi
 Maka dunia baru dimulai

Little child, you must show the way
To a better day, for all the young.
‘Cause you were born, for the world to see
That we all can live, with love and peace.
Anak kecil, kau harus memperlihatkan jalan
Pada hari yang lebih baik, pada semua pemuda
Karena kau lahir, pada dunia untuk melihat
Bahwa kita semua dapat hidup, dengan cinta dan damai 

No more presidents, 
and all the wars will end
One united world, under God.
Tak ada lagi presiden
Dan semua perang pun usai
Satu dunia bersatu, dibawah Tuhan



Lagu berjudul When The Children Cry dipopulerkan band rock White Lion ini dirilis tahun 1988. Bergenre Ballad Slow Rock, menggunakan instrumen minimalis. Diiringi akustik gitar, dengan latar efek gitar listrik dan dihantam dengan lengkingan melodi gitar yang syahdu setelah refrainnya.

Era tahun 1980an, diwarnai dengan banyak peperangan. Perang Inggris dan Argentina untuk merebut kepulauan Malvinas/Falkland (1982), Perang Iran-Irak (1980-1988) dan Perlawanan Mujahidin Afganistan melawan invasi Uni Sovyet (sebelum bubar 1989 karena politik Gorbachev, glasnost and perestroika). Besar kemungkinan, derita anak-anak korban perang menjadi inspirasi band rock White Lion menulis lagu ini.

Pada bagian pertama, White Lion (WL) menggambarkan tentang anak kecil yang telah kering air matanya, menunjukkan bahwa sedih yang teramat dalam hingga begitu banyak air mata yang harus diteteskan. Begitu dalamnya kesedihan sang anak, sehingga (WL) menyebut "How can i explain the fear you feel inside". Pemikiran kita akan tertuju pada anak yatim piatu yang orang tuanya tewas akibat peperangan, entah sipil atau militer. Anak yang tanpa orang tua tumbuh ditengah hingar bingar ledakan bom, letusan senapan, kehancuran bangunan, tentu hidup dalam ketakutan yang sangat dalam.
Bukan salah sang anak kecuali hanya lahir didunia yang beringas. Dunia dimana orang saling membunuh tanpa alasan yang jelas. Mengingatkan kita pada kata Homo Homini Lupus, makhluk yang saling memangsa.

Pada bagian kedua, (WL) memindahkan fokusnya dari sang anak yang ia gambarkan tadi, dan mengajak pendengarnya untuk merenung. Mari melihat perbuatan kita, maksudnya lihatlah hasil dari peperangan. Yaitu kehancuran, yang kemudian kita akan kembali membangun diatas puing-puing tersebut.

Pada bagian ketiga, masuk bagian Chorus. (WL) mengajak kita mendengar tangisan anak-anak korban perang. Lebih dari itu, (WL) mengajak untuk mencoba membangun DUNIA BARU dengan menggunakan spirit tangis dan nyanyian anak-anak korban perang.

Pada bagian keempat, (WL) seolah berbicara pada anak-anak korban perang, agar mampu eksist menciptakan masa depan yang lebih baik untuk semua pemuda. (WL) memberi perspektif meski sang anak lahir di dunia beringas, namun sang anak seharusnya lahir untuk melihat dunia yang penuh cinta dan damai.

Pada bagian kelima, menjelaskan dunia baru yang dimaksud (WL) yaitu dunia yang tak adanya lagi pemimpin negara maka tak akan ada lagi perang. Seluruh dunia akan bersatu dibawah kepemimpinan Tuhan. 

Kesimpulan
Lagu balada ini yang mengutamakan sentuhan seni :
  1. Mengajak pendengarnya agar berempati pada anak-anak korban perang.
  2. Mengajak anak-anak korban perang dan pemuda membangun tatanan dunia baru yang penuh cinta dan damai
  3. Dunia baru yang dimaksud adalah dunia yang tak lagi disekat oleh negara, tak lagi disekat oleh orientasi politik dan ideologi negara, tidak lagi dipimpin presiden, namun dunia yang bersatu dibawah Tuhan.
 White Lion, mengemukakan visi humanismenya melalui lirik lagu ini. Sulit mendefinisikan ideologi White Lion. Satu sisi, konsep dunia satu tanpa negara, mengingatkan kita pada ideologi anarkisme. Disisi lain, satu dunia dibawah Tuhan mengingatkan kita pada ideologi Teosentrisme. Akhirnya, tergantung pada pendengarnya untuk menginterpretasi dan mengapresiasi karya seni dari White Lion. (arm)

Silakan membaca juga bedah lirik lagu yang lain

4 komentar

cuma mau bilang... Luar Biasa... Lagunya.
luar Biasa juga yang memaknai Lagu WL... :)

Assalamu alaikum,...
1. tanpa presiden (setiap negara),.. mungkin saja yang dimaksud adalah khilafah dalam konsepsi pemerintahan khalifah...
2. Bersatu di Bawah Kepemimpinan Tuhan
tentunya tidak pada wilayah "zat",.. namun pada "sifat"
manusia berpotensi memiliki sifat-sifat KETUHANAN,
mungkin saja maksud lagu ini bahwa KEDAMAIAN akan tercipta ketika nantinya LAHIR dipimpin oleh PEMIMPINAN yang memiliki sifat KETUHANAN (Kepemimpinan Tuhan)...
atau makna lain dari "kepemimpinan TUHAN" adalah semua manusia PATUH dan TAAT terhadap PERINTAH dan LARANGAN "TUHAN",... Namun Tetap manusia memiliki PEMIMPIN diantara mereka.
Tabe' daengku....

Extremely pleasant and fascinating post. I was searching for this sort of data and appreciated perusing this one. Continue posting. Much obliged for sharing. smart home surat

Hi there, I discovered your blog per Google bit searching for such kinda educational advise moreover your inform beholds very remarkable for me.Poker Online


EmoticonEmoticon