PANETTA ISI (Perawatan Gigi ala Bugis)

Tags

Jika kita menemukan orang-orang tua di Bugis yang sudah diatas 60-an tahun, namun gigi-giginya masih baik, maka besar kemungkinan ia mempunyai ilmu PANETTA ISI (Merapikan susunan gigi). Ilmu tradisional yang bermanfaat untuk merapikan susunan gigi, dan membuat gigi lebih tahan lama. Panetta, pada dasarnya berarti merapatkan sesuatu ditempatnya. Kata "Panetta" digunakan pada 1)Memasukkan bilah badik/keris/kelewang/parang pada gagangnya agar rapat, dan 2)Merapatkan susunan gigi agar teratur dan tahan lama.
Secara fungsional, PANETTA ISI sama dengan Behel. Sama sama bertujuan untuk merapikan susunan gigi. Meski PANETTA ISI ini mengandung sedikit unsur mistik sedang Behel adalah produksi sains murni.
Biasanya dalam Mappanetta' isi digunakan sarung yang dilipat beberapa kali. Kemudian, tangan kanan dan kiri masing-masing memegang ujung sarung tersebut. Setelah membaca beberapa mantra, sarung yang telah dilipat tersebut, digigit dalam jangka waktu beberapa lama. Umumnya dilakukan saat pagi, setelah bangun tidur.
PANETTA ISI, tidak membutuhkan biaya mahal layaknya behel. Juga tidak membutuhkan sekolah tinggi untuk mempraktekkannya. Hanya dibutuhkan konsistensi dan kerendahan hati dalam pelaksanaannya. Bahwa kesederhanaan pengetahuan masa lalu telah terbukti pada beberapa orang-orang tua yang masih hidup hari ini. Yaitu gigi yang kuat dan bersusun teratur.


EmoticonEmoticon