To Lanca, Qadhi ketiga Wajo

Tags

Setelah Wajo menerima Islam sebagai agama resmi kerajaan ditahun 1609, maka Arung Matoa La Sangkuru meminta agar Datuk Patimang di Luwu agar bersedia mengajarkan Islam. Datuk Patimang kemudian diangkat menjadi Qadhi (Kali) pertama di Wajo. Maka disusunlah struktur Parewa Sara' mulai dari Khatib, yaitu La Mallalangeng, Imam, Bilal, Doja dan Amil. Demikian pula tugas masing-masing jabatan lengkap dengan penghasilan pertahun.
Namun Datuk Pattimang ingin kembali ke Tanah Luwu melanjutkan dakwahnya. Sehingga Arung Matoa meminta pada Sultan Alauddin agar kiranya dikirimkan Datuk ri Bandang untuk menggantikan posisi Datuk Patimang. Sultan Alauddin mengiyakan. Kemudian diangkatlah Datuk ri Bandang menjadi Qadhi kedua di Wajo. Setelah beberapa lama, Datuk ri Bandang hendak ke Luwu . 

Mesjid tua Tosora sebelum renovasi

Beliau bersama Arung Matoa serta perangkat Adat Wajo berkumpul untuk membahas pengganti Datuk ri Bandang. Dalam LSW disebut "naengka mungking riaseng To Lanca iyana najello dato i bandang sullei kali, kuniro rita akkuwallinna dato' nasaba iya To Lanca mukingwi. (dan ada seorang mukim bernama To Lanca dan dialah yang ditunjuk oleh Datu ri Bandang menggantikannya sebagai Qadhi, disitulah dilihat kewalian Datuk sebab To Lanca adalah seorang Mukim). Sehingga diangkatlah To Lanca sebagai Qadhi ketiga.

Dengan disebutkannya kata Muking (Mukim) berarti To Lanca bukan penduduk setempat. Namun dilihat dari namanya, To Lanca adalah nama khas Sulawesi. Kemungkinan besar beliau adalah orang Wajo yang tidak berdomisili di Tosora, atau dari kerajaan lain di Sulawesi Selatan (bisa jadi Luwu) yang berdomisili di Tosora mengikuti rombongan Datuk Patimang

To Lanca melanjutkan apa yang telah Datuk Patimang dan Datuk ri Bandang lakukan. Terutama tentang ibadah dan syariat. Kutipan pesan Datuk ri Bandang pada To Lanca apabila ada Arung Matoa, Ranreng dan Pabbate Lompo meninggal adalah sebagai berikut :

Makkedatoi Dato I Bandang, o To Lanca issengngi kasiwiyangna gurue, 
narekko matei arungmatoae, ranrengnge, bate lompoe, lattu ri ana mattolae,
 solo kasiwiyangngi asenna gurue. 
Bettuanna mupokasiwiyangngi menre e katte'na bilala'na mangaji angka tellumpennie, 
mauko tennaobbi, mauko tennapanre, 
tempeddittokko temmenre angka tellumpennie. 
Iyana riaseng mangajikasiwiyang. 
Mupowassalangngi narekko tennamupigaui.
Narekko leppe'ni tellumpenni, mangajisolosiko patampenni, napanre ko kiya. 
Iya sanra siseng beppa, mujagatoiwi abbacadoangenna ri tellumpenninna, ri patampenninna, 
ri duapitunna, dipatappulona risiratuna. 
Iyakiya sipulungko ri narekko riwettunna riabbacadoangenna ri masigi'e. Mutajengngi surona, mupowassalangngi rekko de muwenre

cek : Pendidikan Agama Islam di Tanah Bugis

Berkata pula Datuk ri Bandang. Oh To Lanca, ketahuilah ibadahnya guru.
Apabila Arung Matoa, Ranreng, Batelompo hingga putra mahkota meninggal
Solo Kasiwiyang namanya
Artinya, engkau mengibadahkan naik khatib dan bilal mengaji hingga tiga malam
Apakah engkau tidak dipanggil atau tidak diberi makan, 
engkau tidak boleh tidak naik hingga tiga malam
Inilah yang disebut mengibadahkan (pahala) mengaji
Engkau bersalah jika tidak engkau lakukan
Apabila lepas tiga malam, Mangajisolo lagilah dimalam keempat, tapi engkau harus dijamu
Dijamu dengan kue. Engkau jaga baca doa dimalam ketiga, malam keempat
malam keduapuluh tujuh, malam keempat puluh dan malam seratus
Tetapi berkumpullah di mesjid pada waktu membacakan doa. Engkau menungguh utusannya
Engkau salahkan dirimu bila tidak naik (melakukannya)


EmoticonEmoticon